Tuesday, May 21, 2013

Renovasi Atap Rumah Dengan Rangka Atap Baja Ringan

Dalam perkembangannya, sebuah rumah bisa berubah bentuk. Baik dalam bentuk perubahan yang kecil atau perubahan yang besar sekalipun. Perubahan-perubahan besar ini adalah bagian tak terpisahkan seiring dengan kebutuhan pemilik rumah. Rumah minimalis yang awalnya tidak berubah, bisa sewaktu-waktu berubah ketika pemilik rumah menginginkan adanya perubahan pada beberapa bagiannya. Bisa saja dalam rentang waktu lima tahun atau sepuluh tahun. Perubahan kecil misalnya pada warna cat rumah. Pemilihan warna yang ada misalnya sudah terasa bosan, maka cat diganti untuk kemudian diubah sesuai keinginan. Lain lagi dengan renovasi yang berhubungan dengan struktur. Misalnya struktur atap, struktur pondasi, dan dinding. Dengan banyaknya material serta hubungan-hubungan antar satu struktur dengan struktur lainnya, maka renovasi untuk bagian tersebut harus dilakukan dengan baik oleh tenaga terampil yang sudah ahli dibidangnya. Misalnya menghubungi kontraktor agar renovasi rumah bisa berlangsung dengan baik sesuai harapan.

renovasi atap rumah
Bagian paling penting juga yang termasuk renovasi struktur adalah renovasi atap. Banyak alasan melakukan renovasi atap ini. Misalnya karena kayu penopang sudah rapuh karena diserang rayap atau kayu menjadi lapuk karena air hujan atau umur kayu yang masih muda saat dipasang untuk pertama kalinya saat membangun. Untuk merenovasi atap ini bisa dilakukan dengan mengganti beberapa bagian kayu yang sudah lapuk atau rapuh, atau mengganti seluruh bagian struktur yang ada dengan material yang baru, sebut saja rangka atap baja ringan. Nah, langkah-langkah merenovasi atap kayu dengan rangka atap baja ringan bisa dilakukan dengan cara berikut ini:
  • Usahakan membuat perencanaan yang baik. Misalnya membuat perencanaan bentuk atap yang lebih simpel tetapi tetap estetis. Walaupun simpel tetapi masih kelihatan sangat baik dan serasi dengan bentuk rumah minimalis yang kita punya. Membuat bentuk atap yang terlalu rumit akan mengakibatkan besarnya biaya yang akan kita keluarkan. Misalnya ongkos kerja yang akan membengkak sulit saat pengerjaannya, bahan yang semakin banyak karena akan terjadi potong memotong bahan yang tidak terduga, dan lain-lain. 
  • Pilihlah komposisi rangka atap baja ringan yang memiliki struktur paling kuat. Misalnya dengan memilih bentuk profil dari batang baja ringan yang akan dipakai. Banyak bentuk profil yang sudah beredar di Indonesia, misalnya profil C, profil Z, profil U, dan profil lainnya untuk reng. Pemilihan profil ini sangat penting karena berhubungan dengan kekuatan dari batang rangka baja ringan yang akan kita gunakan.
  • Pilihlah bentuk atap pelana, atau miring satu permukaan. Bentuk yang mudah dalam pengerjaan ini selain memudahkan pada saat pemasangan juga bisa mempercepat waktu kerja. Anda tidak akan khawatir terjadi kebocoran jika hujan terjadi di tengah-tengah pengerjaan konstruksi atap.
  • Pilihlah waktu atau musim kemarau yang panjang. Jangan sekali-kali mengganti struktur atap saat musim penghujan. Selain merepotkan penghuni yang ada di bawahnya juga merepotkan pekerja konstruksi untuk memasang dan membongkar struktur yang sudah ada sebelumnya. 
  • Pemilihan genteng ringan bisa dijadikan solusi untuk menekan biaya konstruksi baja ringan. Semakin berat jenis genting yang akan digunakan, semakin besar pula biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini terjadi karena struktur rangka atap baja ringan harus memperhitungkan berat genteng yang ditopang. Genteng metal bisa menjadi solusi terbaik, selain ringan, pemasangannya juga tidak rumit dan proses pengangkutan ke atas atap tidak akan merepotkan pekerja konstruksi. Ada banyak jenis genteng metal yang bisa dipilih mulai dari harga murah sampai harga yang seimbang dengan kualitasnya.
  • Untuk menghindari kebocoran pada atap, boleh juga menggunakan alumunium foil sebelum pemasangan gentingnya. Biasanya sepaket dengan rangka atap baja ringan, tetapi jika tidak direncanakan sebelumnya, sangatlah repot saat memasangnya. Terutama karena alumunium foil dipasang di antara reng dan batang baja ringan utama.
Nah, demikianlah tips dalam melakukan renovasi rangka atap dengan rangka atap baja ringan. Jangan lupa baca tulisan sebelumnya tentang 10 tips dalam renovasi rumah Anda. Disarankan juga untuk selalu berkonsultasi dengan kontraktor baja ringan jika hendak memasang rangka atap baja ringan. Terkadang, kontraktor rangka atap baja ringan juga menyediakan jasa renovasi. Pembongkaran sekaligus penggantian rangka atap kayu dengan rangka atap baja ringan yang baru. Kelebihannya jika kita memberikan pengerjaan rangka atap baja ringan kepada kontraktor baja ringan, kita bisa memantau secara utuh proses konstruksi yang berlangsung. Jika ada hal yang tidak sesuai pun, kontraktor bisa kita panggil kembali sewaktu-waktu untuk memperbaiki seandainya ada kerusakan pada rangka atap baja ringan rumah minimalis yang kita miliki. Tertarik, merenovasi atap minimalis? Silahkan pertimbangkan dengan matang.

Judul : Renovasi Atap Rumah Dengan Rangka Atap Baja Ringan
Author: j.a.e
Terimakasih sudah berkunjung di Blog Rumah Bagus, Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silakan tinggalkan komentar

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...